Minggu, 30 Desember 2012

CONTOH PROPOSAL PEMBANGUNAN MASJID



MUKADIMAH

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sesungguhnya segala puji hanyalah milik Allah SWT. Kita memohon pertolongan-Nya dan ampunan serta perlindungan-Nya dari segala keburukan dan kelemahan. Barang siapa yang diberi hidayah-NYA, tidak ada sesuatu pun yang dapat menghalangi, dan barangsiapa yang tidak mendapat hidayah, tidak ada sesuatu pula yang mampu menolongnya. Subhanallahi walhamdulillahi walaa ilaha illallah wallahu akbar.

Sholawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang telah menyampaikan risalah-Nya, memberi nasehat dan membawa umat menuju kesempurnaan hidup lahir batin, dunia akhirat. Kita berharap termasuk umatnya yang mendapat syafa'at Beliau, nanti di Yaumil Akhir. Amin

Bersama ini kami sampaikan proposal singkat ke hadapan Bapak dan Ibu, dengan maksud  sebagai media untuk menjelaskan rencana pembangunan Masjid Nurul Iman Jalan Raya Tenang Desa Berasang Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan yang juga akan berfungsi sebagai  pusat sarana Ibadah dan pembinaan ke-Islaman di lingkungan masyarakat sekitar.

Tentunya kami berharap, partisipasi nyata berupa dukungan moril dan materil, sebagai salah satu waqaf, infaq dan sodaqah jariyah bagi Bapak dan Ibu. Kami berdo'a, semoga keikhlasan Bapak dan Ibu menjadi jalan menuju ketaqwaan dan Insya Allah Bapak dan Ibu termasuk golongan orang-orang yang sesuai dengan hadits Nabi yaitu: orang-orang yang akan dibangunkan sebuah istana di surganya Allah, karena telah membangun rumah Allah dimuka bumi ini. Amiin Yaa Rabbal'alamin.

Billahittaufiq wal hidayah
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



A.                 LATAR  BELAKANG

Allah SWT. berfirman dalam Al-Qur’an :
إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللهِ مَنْ آمَنَ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَأَقَامَ الصَّلاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلا الله َ فَعَسَى أُولَئِكَ أَنْ يَكُونُوا مِنَ الْمُهْتَدِينَ .
Artinya :
“Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dna hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan tidak takut kepada siapapun selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang mendapat petunjuk” (Q.S. At-Taubah : 18)

Memakmurkan masjid mempunyai pengaruh positif bagi pembinaan masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas hidup masyarakat dan negara. Oleh karena itu setiap muslim harus ikut berperan dalam kemakmuran masjid sebagaimana firman Allah diatas.

Dalam rangka meningkatkan fungsi masjid sebagai tempat ibadah dan pembinaan umat khususnya di desa Berasang dan umumnya di wilayah Kecamatan Kisam Tinggi, dimana kehidupan masyarakat yang sudah begitu majemuk dan ramai, dan untuk meningkatkan daya tampung dalam melaksanakan ibadah (shalat berjama’ah) dengan sebaik-baiknya serta agar syi’ar keagamaan semakin menggema karena membutuhkan banyak perbaikkan dan tidak memadainya kondisi fisik bangunan, maka perlu adanya pembangunan kembali Masjid (renovasi total) yang merupakan program Pengurus Masjid Nurul Iman.

Seperti kita pahami bahwa sejak zaman Rasulullah Muhamad SAW, masjid bukan hanya tempat ibadah tetapi merupakan pusat kegiatan berdimensi luas. Ketika Rasulullah Saw dan para sahabatnya Hijrah dari Mekkah ke Madinah, beliau singgah di suatu tempat yang dikenal dengan Quba. Disinilah Rasulullah membangun sebuah Masjid yang diberi nama Masjid Quba. Begitu juga ketika sampai di Madinah Rasulullah membangun Masjid Nabawi. Ini semua menunjukan bahwa Masjid memiki kedudukan yang sangat penting bagi kaum muslimin.

Di zaman Rasulullah Saw, Masjid menjadi sarana untuk memperkokoh iman para sahabatnya. Disamping itu, Masjid juga digunakan sebagai sarana peribadatan dan tempat mengkaji ajaran Islam. Allah berfirman : Hanyalah yang memakmurkan Masjid-Masjid Allah adalah orang-orang yang beriman kepada Allah, dan Hari Kemudian, serta tetap mendirikan Shalat, menunaikan Zakat, dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk (QS: At-Taubah: 8).


Rasulullah saw menjadikan Masjid sebagai sentral ilmu pengetahuan. Dari Masjidlah Rasulullah membina masyarakat baru Madinah. Ahlu Suffah adalah mereka yang banyak mengambil manfaat dari ajaran Rasulullah. Disamping mereka tinggal dibagian belakang masjid mereka juga sangat tekun menghafal hadist-hadist Rasullah Saw. Abu Hurairah adalah salah seorang dari ratusan Ahli Shuffah yang banyak meriwayat hadis dibandingkan sahabat lainya. Tradisi menjadikan Masjid sebagai pusat ilmu pengetahuan ini diteruskan oleh para Ulama Muslimin dalam mengembangkan Risalah Islam setelah wafatnya Rasulullah Saw.

Di era modern sekarang ini kita harus mampu memerankan dan memakmurkan Masjid. Memakmurkan Masjid mempunyai dua pengertian. Hissi dan maknawi. Hissi berarti membangun Masjid secara fisik, membersihkanya, melengkapi sarana wudhuk dan yang lainya. Sedangkan memakmurkan Masjid secara Maknawi adalah meramaikan Masjid dengan shalat berjama`ah, membaca al-quran, i`tikaf, dan ibadah lainya. Dan yang tidak kalah penting adalah menjadikan Masjid sebagai pusat kegiatan dan pengembangan masyarakat. Dan disamping itu kita harus bisa memposisikan Masjid sebagai wadah pemersatu kaum muslimin. Menghidupkan kembali peranan Masjid dengan segala macam aktivitas yang telah kita paparkan diatas yang telah terbukti membawa kaum muslim pada puncak peradaban besar.

Memperhatikan dasar-dasar pemikiran tersebut, Pengurus Masjid Nurul Iman  bersama masyarakat sekitar dan para tokoh agama dan masyarakat, pemerintah desa Berasang, dan Alim Ulama serta Remaja atau Pemuda desa Berasang telah mufakat akan merealisasikan program tersebut dengan membentuk kepanitiaan pembangunan Masjid Nurul Iman.  Untuk merealisasikan program tersebut tentunya memerlukan dana atau materiil. Untuk itu pada kesempatan ini Kami membuka dan mengetuk hati kaum muslimin dan muslimat untuk berpartisipasi dalam mewujudkan pembangunan Menara Masjid Nurul Iman Desa Berasang Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan.

B.                  LANDASAN HUKUM
1.  Firman Allah SWT
     “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan”. (QS. AI Baqarah : 245)

2.  Sabda Rasulullah Muhammad SAW
“Barang siapa yang telah membangunkan sebuah masjid, yang sengaja mencari keridhaan Allah, nanti Allah buatkan pula untuknya sebuah rumah di dalam syurga”. (HR. Bukhari dan Muslim).

C.                  NAMA DAN TEMPAT KEGIATAN
" Proyek Pembangunan Masjid NURUL IMAN "
Jalan Raya Tenang Desa Berasang Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan

D.                 MAKSUD DAN TUJUAN
·            Menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat (Centre of Activity)
·            Menjadikan masjid sebagai tempat untuk melakukan ibadah terutama sholat berjamaah secara rutin agar kualitas sholat dapat terjaga dan meningkat.
·            Menjadikan masjid sebagai sarana untuk pencerahan dan pendidikan Agama Islam secara nonformal
·            Menjadikan masjid sebagai sarana efektif untuk mempererat tali silaturahmi khususnya antar warga muslim dan warga lainnya.
·            Meningkatkan kesadaran masyarakat dan tanggung jawab umat Islam terhadap kepentingan kemajuan syi’ar agama, sebagai wujud keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

E.                  PANITIA PELAKSANA PEMBANGUNAN MASJID
Terlampir

F.                   WAKTU PELAKSANAAN
Kegiatan pembangunan masjid Nurul Iman ini direncanakan membutuhkan waktu selama 180 hari. Terhitung pada bulan Januari hingga Juli tahun 2013.

G.                 ANGGARAN BIAYA
Biaya yang kami perlukan/butuhkan dalam mensukseskan pembangunan Masjid Nurul Iman ini sebesar Rp 200.600.000,- (Dua ratus juta enam ratus ribu rupiah). Dengan rincian sebagaimana terlampir.

H.                 SUMBER DANA
Sumber dana berasal dari :
1.     Kas Masjid Nurul Iman
2.     Infaq dan Shadaqah Umat Islam
3.     Sumber lain yang halal dan tidak mengikat
I.            PENUTUP
Demikian proposal pembangunan Masjid Nurul Iman ini disampaikan dengan harapan semoga terwujudnya Masjid Nurul Iman ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT bagi umat Islam, khususnya masyarakat desa Berasang dan umumnya masyarakat Kisam Tinggi. Peran dan partisipasi dari semua pihak sangat diharapkan agar rencana dan pelaksanaan pembangunan dapat berjalan lancar. Akhirnya, semoga amal ibadah kita dapat diterima Allah SWT.
Allah SWT dalam Al-Qur’an berfirman :
مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ الله ِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَ نْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ وَالله ُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَالله ُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ .
Artinya:
”Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (Q.S. Al-Baqarah: 261). Amien Ya Rabbal Alamin…


Berasang, 23 Oktober 2012
Panitia Pembangunan Masjid Nurul Iman
Desa Berasang Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan

Ketua Pelaksana                                                                                                      Sekretaris



                      
      Sularno, S.Pd                                                                                    Yoyon Miftahul Asfai, S.Hum
                                                                                  
Ketua Pengurus Masjid  
    NURUL IMAN                                                                                                                                                                                                                                        Mengetahui/Menyetujui
                                                                                                                                           Kepala Desa Berasang


                                                                                                       

                                    Saptohir                                                                                                                                                               L u s i



12
 










Lampiran-Lampiran


·      Susunan Panitia Pelaksana PembangunanMasjid Nurul Iman
·      Rencana Anggaran Biaya Pembangunan Masjid Nurul Iman
·      Gambar Arsitektur Masjid Nurul Iman

LAMPIRAN SUSUNAN PANITIA
PEMBANGUNAN MASJID NURUL IMAN
DESA BERASANG KECAMATAN KISAM TINGGI KABUPATEN OKU SELATAN

Pelindung                       :    Kepala Desa Berasang

Penasehat                       :    Damiri
                                        :    Darman

Ketua Pelaksana            :    Sularno, S.Pd

Sekretaris                       :    Yoyon Miftahul Asfai, S.Hum

Bendahara                      :    Hasdi Agus Santoso, S.Pd.I

Koord. Pelaksana           :    Darmin
Anggota                          :    Ohan
                                             Midi
                                            
Koord. Pendanaan         :    Saptohir
Anggota                          :    Indra
                                        :    Arjuna
                                            
Koord. Humas                :    Edi Cahyono
                                             Igor Cahriyanto

LAMPIRAN ANGGARAN BIAYA
PEMBANGUNAN MASJID NURUL IMAN
Jalan Raya Tenang Desa Berasang Kecamatan Kissam Tinggi Kabupaten OKU Selatan
 

A.            PENGELUARAN
NO.
URAIAN BARANG
VOLUME BARANG
HARGA SATUAN BARANG
JUMLAH HARGA
1.
Besi ukuran 10mm
200 Batang
Rp. 50.000,-
Rp. 10.000.000,-
2.
Besi ukuran 8mm
100 Batang
Rp .40.000,-
Rp.   4.000.000,-
3.
Semen
200 Sak
Rp. 100.000,-
Rp. 20.000.000,-
4.
Pasir
50 m3
Rp. 175.000,-
Rp.   8.750.000,-
5.
Batu split                                                                   
25 m3
Rp. 500.000,-
Rp.  12.500.000,-
6.
Batu karang
10 m3
Rp. 250.000,-
Rp.   2.500.000,-
7.
Bata Merah
10.000 Buah
Rp. 1.000,-
Rp. 10.000.000,-
8.
Genteng
5.000 Buah
Rp. 1.500,-
Rp.   7.500.000,-
9.
Keramik lantai
190 m
Rp. 60.000,-
Rp. 11.400.000,-
10.
Keramik dinding
100 m
Rp. 60.000,-
Rp.   6.000.000,-
11.
Cat tembok
100 kg
Rp. 25.000,-
Rp.   2.500.000,-
12.
Tripleks
50 lbr
Rp. 50.000,-
Rp.   2.000.000,-
13.
Kayu Kasau
5 m3
Rp. 2.000.000,-
Rp. 10.000.000,-
14.
Kayu Reng
3 m3
Rp. 2.000.000,-
Rp.   6.000.000,-
15.
Kayu papan
2 m3
Rp. 2.000.000,-
Rp.   4.000.000,-
16.
Kayu Balok
3 m3
Rp. 2.000.000,-
Rp.   6.000.000,-
17.
Kusen + daun pintu
5 psg
Rp. 1.000.000,-
Rp.   5.000.000,-
18.
Kusen + daun Jendela
6 psg
Rp. 500.000,-
Rp.   3.000.000,-
19.
Kubah Mustoko
1 buah
Rp. 2.000.000,-
Rp.   2.000.000,-
20.
Paku 12cm
10 kg
Rp. 20.000,-
Rp. 200.000,-
21.
Paku 7cm
15 kg
Rp. 20.000,-
Rp. 300.000,-
22.
Paku 5cm
25 kg
Rp. 20.000,-
Rp. 500.000,-
23.
Paku tripleks
10 kg
Rp. 20.000,-
Rp. 200.000,-
24.
Kawat tali
15 kg
Rp. 25.000,-
Rp. 375.000,-
25.
Kunci pintu
5 set
Rp. 75.000,-
Rp. 375.000,-
26.
Engsel pintu
5 set
Rp. 40.000,-
Rp. 200.000,-
27.
Engsel jendela
6 set
Rp.30.000,-
Rp. 180.000,-
28.
Grendel jendela
6 buah
Rp. 5.000,-
Rp. 30.000,-
29.
Kaitan jendela
12 buah
Rp. 5.000,-
Rp. 60.000,-
30.
Gagang jendela
6 buah
Rp. 5.000,-
Rp. 30.000,-
31.
Ongkos Tukang 3 orang
180 hari
Rp. 12.600.000,-
Rp. 37.800.000,-
32.
Ongkos kuli 3 orang
180 hari
Rp. 990.000,-
Rp. 29.700.000,-
33.
Biaya tidak terduga
-
-
Rp. 5.000.000,-
JUMLAH TOTAL


Rp. 208.100.000,-
B.        PEMASUKAN
Dana yang ada pada panitia saat ini sebesar Rp. 7.500.000,-

C.        JUMLAH TOTAL DANA YANG DIBUTUHKAN
·         PENGELUARAN                                                Rp. 208.100.000,-
·         PEMASUKAN                                                   Rp.      7.500.000,-
·         KEKURANGAN DANA YANG DIBUTUHKAN      Rp. 200.600.000,-

Dana yang dibutuhkan dalam rangka mensukseskan pembangunan masjid Nurul Iman ini sebesar Rp. 200.600.000,- (Dua ratus juta enam ratus ribu rupiah)

Berasang, 23 Oktober 2012
Panitia Pembangunan Masjid Nurul Iman
Desa Berasang Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan

    Ketua Pelaksana                                                                                                    Bendahara





   Sularno, S.Pd                                                                                           Hasdi Agus Santoso, S.Pd.I
                                                                                  

LAMPIRAN DENAH MASJID
NURUL IMAN
Desa Berasang Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan








 

47 komentar:

  1. izin kopi y, terima kasih, proposal nya sangat membantu untuk dijadikan acuan ketika membuat proposal masjid..

    BalasHapus
    Balasan
    1. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. jazakallahukhairan. barakallahufiik

    BalasHapus
  3. izin kopi ya yang punya blog smoga di balas kebaikannya sam Allah SWT

    BalasHapus
  4. ijin copas ya. semog brokah,, amien...

    BalasHapus
  5. izin copas untuk bahan referensi, syukron katsir. smoga brkh. amin

    BalasHapus
  6. izin kopi bwt proposal pembangunan masjid di tempat saya. . trimakasih..

    BalasHapus
  7. mantab gannn, ijin copas. Barakallah ya.

    BalasHapus
  8. Izin copy SAUDARAKU...smoga Allah Senantiasa Meridhoi semua kebaikan anda...

    BalasHapus
  9. izin coppy saudaraku ini bermanfaat bagi umat terima kasih wassalamualaikum

    BalasHapus
  10. ijin kopi ustadz...Jazakumullohi khoiurun jaza'

    BalasHapus
  11. Mohon izin untuk mengkopy contoh proposalnya, semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  12. izin copy ustad....termaksih barokalloh...

    BalasHapus
  13. Izin copy mau buat proposal untuk pembangunan pagar dan pintu gerbang masjid kami.... Terimakasih....

    BalasHapus
  14. mohon izin Copy, terimakasih atas ilmu yang dibagi..

    BalasHapus
  15. Ikhwan Izin ngopy, terima kasih dan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  16. Mohon izin Copas proposal, Terima Kasih. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  17. izin copy proposal. sangat bermanfaat. terima kasih

    BalasHapus
  18. ijin copy, karena kami akan melakukan renovasi masjid, terimakasih

    BalasHapus
  19. Izin copy gan... referensi tuk pembangunan mesjid di tempat kami, terima kasih

    BalasHapus
  20. http://brillyelrasheed.blogspot.com/2014/06/tiga-hadits-pokok-perintah-membangun.html

    BalasHapus
  21. ijin copas gan untuk referensi

    BalasHapus
  22. Izin di-copy paste, terima kasih.

    BalasHapus
  23. Izin di-copy paste, terima kasih

    BalasHapus
  24. izin di kopy paste bos ,mator suwon

    BalasHapus
  25. ijin copy paste semoga ALLAH membalas ilmunya dengan kebaikan

    BalasHapus
  26. dengan segala hormat Ya Akhi/Ukhti mohon izin coppy paste

    BalasHapus
  27. alhamdulillah. semoga amal membuat proposal ini di lipat gandakan Alloh SWT. ijin copy membantu sekali

    BalasHapus
  28. izin copy akhi, jazakallah khairan katsiran

    BalasHapus
  29. Izin kopy ya smoga bermanfaat syukroon..

    BalasHapus
  30. trimakasih semoga allah memberkahinya

    BalasHapus
  31. terimakasih atas tayangan proposalnya

    BalasHapus
  32. ass.mkum..wr.wb..mohon izin saya sangat butuh contoh proposal.

    BalasHapus
  33. assalamualaikum izin copy ..proposalnya jadi acuan pembuatan proposal

    BalasHapus
  34. assalamualaikum,terimakasih telah memberi contoh proposal ini semoga bermanfaat,tolong berbagi buat pembangunan amin

    BalasHapus
  35. Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM , Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya curang dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM, Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan Pemberi pinjaman karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya, Harum kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. LASSA JIM, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ms. LASSA.
    Saya mengajukan pinjaman 2 miliar rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya katakan kepada dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 2 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Tuhan memberkati Mrs. LASSA JIM untuk membuat hidup saya lebih mudah, jadi saya sarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya adalah INDALH HARUM, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Indalhharum@gmail.com

    BalasHapus